Jumat, 05 November 2010

Felix Zenger, A Beat In A Box!!

Drums, scratches, bass, vocals, effects — and just one mouth!!

Itulah kalimat pembuka di halaman depan situs resmi milik seorang Beatboxer. Namanya adalah FELIX ZENGER. Konon, secara subyektif, dia adalah salah satu beatboxer terbaik di dunia saat ini. Tapi sebelumnya, apa itu BEATBOX??? Sepertinya istilah ini belum terlalu familiar di telinga kita. Beatbox adalah salah satu bentuk seni dalam menghasilkan bunyi-bunyian alat musik, terutama pembuat beat/perkusif, dengan menggunakan mulut sebagai instrumen utama. Bunyi-bunyi yang bisa dihasilkan seperti : drum-snare-hihat dari drumset, scratch seperti yang dimainkan DJ, suara saxophone/trumpet, bahkan bass dan gitar, tergantung kemampuan si beatboxer. Pembahasan khusus tentang beatbox kita kupas lebih lanjut di post berikutnya.


Felix Zenger

Kembali ke Felix Zenger. Sebenernya Felix Zenger bukan beatboxer pertama yang pernah saya lihat. Pertama kali saya kagum waktu Blake Lewis tampil di American Idol. Di tivi juga beberapa kali muncul beatboxer lokal dengan kemampuan yang juga luar biasa, seperti Billy a.k.a BdaBX, Tito di Fade2Black, dan Indra Aziz. Tapi entah kenapa, waktu lihat Felix Zenger ngejam berdua bareng gitaris akustik di youtube, saya langsung jatuh cinta. Bukan sekedar pengen dengerin, tapi langsung pengen mempelajari gimana caranya.

Coba aja cek videonya di sini :



Gimana? Have the same excitement with me?
Mungkin ga gitu-gitu amat, tapi berlebihankah kalo saya bilang itu sangat keren????

Well, Felix Zenger adalah beatboxer berkewarganegaraan Finlandia. Dia pernah support artis-artis seperti : Chick Korea, James Brown (alm), Kanye West, Good Charlotte, dll. Saat ini, bersama Iiro Rantala di Piano Akustik dan Marzi Nyman di Gitar Elektrik, dia tergabung dalam satu grup band trio bernama Iiro Rantala New Trio. Band ini memainkan musik yang berkeliaran di area jazz-funk-fusion. Jadi bisa dibayangkan kemampuan beatboxing si Felix Zenger ini, sampai-sampai dia bisa menggunakan skill nya dalam satu lagu full (bahkan lebih) mengiringi gitaris dan pianis jazz, berperan sebagai beat-section full, bukan sekedar ornamen voice. Jelas kemampuan ini tidak bisa dianggap sepele. Pengaturan nafas dan menjaga stabilitas power dan artikulasi suara adalah kesulitan tersendiri yang musti dipelajari serius dalam ber-beatbox. Dalam hal ini, Felix Zenger jagonya. Selain itu, untuk bisa menyatu dengan irama jazz dengan sentuhan progresif membutuhkan kemampuan untuk menjaga beat tetap stabil, dan di saat yang sama harus siap untuk menaikturunkan tempo kapanpun diperlukan di lagu. Untuk urusan ini, Felix Zenger juga beres.
Memang, untuk varian suara, masih ada beberapa beatboxer yang mampu menghasilkan suara lebih unik. Tapi secara whole-package, Felix Zenger-lah yang ternyata mampu menarik hati saya untuk mempelajari beatbox.

Contoh musik Iiro Rantala New Trio bisa disimak di youtube, dengan single "Shit Catapult" berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar