Kamis, 11 November 2010

Chapman Stick

Chapman Stick adalah sebuah alat musik yang berbentuk seperti batang yang lurus, bersenar banyak, dan dimainkan dengan cara ditekan/dipencet, seperti memainkan teknik tapping pada gitar. Alat musik ini terbilang cukup unik, karena seperti perpaduan antara bass, gitar, dan keyboard, dimana cara memainkannya dengan menekan, seperti pada keyboard, dengan range nada yang cukup lebar, namun menggunakan senar sebagai media penghasil bunyi, seperti gitar. Chapman juga terdiri atas senar tebal yang menghasilkan suara berfrekuensi rendah, seperti suara yang dihasilkan bass.

ini dia penampakannya :


Alat Musik ini ditemukan oleh Emmet Chapman (itulah mengapa disebut Chapman Stick), yang merupakan seorang gitaris jazz. Chapman Stick pertama kali diperkenalkan pada tahun 1974, tepatnya pada tanggal 10 Oktober. Salah satu pengguna Chapman Stick yang paling terkenal adalah Tony Levin. Dia adalah personil grup King Crimson dan Liquid Tension Experiment (bersama Portnoy, Rudess, dan Petrucci), dan saat ini sedang getol menjalankan proyek musiknya bersama seorang drummer dan seorang pemain chapman stick lainnya, dalam sebuah band yang diberi nama Stick Men. John Myung dari Dream Theater juga beberapa kali menggunakan alat ini.

Bentuk Chapman Stick mirip dengan neck gitar, tapi lebih lebar dan panjang, yang memiliki 8, 10, atau 12 senar, dan kebanyakan mempunyai 36 fret. Karena range nada dan frekuensi yang lebar, Chapman Stick bisa menghasilkan suara bass yang rendah, suara melodi yang tinggi, atau rythm section yang ramai. Semua dimainkan dengan cara tapping (ditekan). Di Indonesia alat ini masih jarang dijumpai, begitu pula player yang fokus pada Chapman Stick. Di negara asalnya, harga sebuah Chapman Stick berada di kisaran 2ribuan USD. Harga yang cukup mahal untuk dijadikan bahan iseng-iseng.


Bonus : Performance of Stick Men

Tidak ada komentar:

Posting Komentar