Sabtu, 28 Maret 2009

Satu Lagi Band 'Aneh', Tokyo Jihen

Aku belum lama banget kenal sama band ini. Ceileee, kenaaaaal... Berasa ngikut terkenal aja. Bukan, bukan. Kenal itu maksudnya pernah dengerin musiknya. Setelah dengerin, wow gila, ternyata sangat mantab. Warna musiknya 'aneh'. Gabungan dari jazz, pop, progresif, funk, rock, dan kadang etnik. Disusun dari karakter vokal unik, bass line 'amburadul', sound gitar dan kibor vintage, plus drum yang bisa membungkus semuanya menjadi satu paket lengkap.

Setelah menggunakan jasa om google, saya jadi tahu kalo Tokyo Jihen ini dibentuk oleh Shiina Ringo, sang vokalis, yang sempat berkarir solo. Saat ini personil Tokyo Jihen adalah :

- Shiina Ringo - Guitars & Vocal
- Seiji Kameda - Bass
- Toshiki Hata - Drums
- Izawa Ichiyou - Keyboard
- Ukigumo - Guitar

Konon, Kameda adalah session player yang juga produser dan aranjer yang sudah lama mendukung Shiina Ringo, bahkan sejak sebelum Shiina Ringo memulai debutnya. Sedangkan Ukigumo adalah salah satu jenius gitar Jepang yang ahli dalam hal sound. Malahan sound gitarnya adalah salah satu referensi utama para gitaris yang band nya beraliran J-Rock atau J-Pop.

Lagu lagu Tokyo Jihen sendiri sangat menarik. Sayangnya aku baru dengerin yang album ADULT. Di album ini aku paling tertarik sama Kenka Joutou, dan sedang berupaya keras nyari gitaris dan kibordis untuk sekedar ngejam di studio mainin lagu ini. Lagu ini adalah lagu tentang caci maki yang secara jenius bisa di aransemen menjadi lagu yang enerjik dengan sekumpulan sound aneh dan bassline ruwet. Belum lagi drum line yang juga ribet, tapi membentuk sebuah komposisi yang sangat mewah. Lagu lain yang aku juga suka antara lain adalah Hitomi sebagai opening track yang menggigit, Blackout yang sangat Jepang, Shuraba yang bergoyang, dan Toumei Ningen yang lucu.


Tokyo Jihen

sumber : google, wikipedia.

2 komentar:

  1. hugss,,,hugs,,,,pengen dengerin jugga jadinya,,,lagi blajar lagu funk nih ma,,,,teladh banget yah???hihihihi

    BalasHapus